divine-music.info
divine-music.info

divine-music.info
BAYU ADITYA : TUGAS AKHIR IMK (Dosen Terbang) 2012

Selasa, 03 Juni 2014

TUGAS AKHIR IMK (Dosen Terbang) 2012




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(STMIK)
JAYANUSA PADANG
Dibina oleh : Yayasan Bina Manajemen Informatika “YBMI” Padang




TUGAS

TUGAS AKHIR “INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

Oleh


BAYU ADITYA

                                                NoBP                         : 1210027
                                                Program Studi           : Sistem Informasi



STMIK JAYANUSA PADANG
2014






SOAL 1

Latihan dan Tugas

    1. Buatlah perbandingan terhadap fasilitas interface pada aplikasi web social networking terpopuler : facebook, twitter dan googleplus, berkaitan dengan fungsinya sebagai media bersosialisasi melalui dunia maya.
    2. Buatlah perbandingan interface pada aplikasi webmail terpopuler : yahoo, gmail, ....
    3. Jika anda diminta membuat aplikasi peta ruangan kelas di kampus anda, rancanglah interface untuk aplikasi tersebut yang membuat user mudah untuk mendapatkan informasi skedul pemakaian ruang dan sumber daya yang terdapat pada masing-masing ruang di setiap gedung kampus anda !
    4. Rancanglah interface untuk pengisian KRS, satu mahasiswa dapat memilih beberapa mata kuliah pada beberapa dosen yang berbeda (jika kelas paralel), dan pada semester yang berbeda (ganjil atau genap)
    5. Carilah di internet minimal 2 riset/penemuan terbaru di bidang HCI ini, beri penjelasan (bila perlu dengan gambar) dan bagaimana menurut anda implementasinya ke depan !



























SOAL 2

6.    Bagaimana penilaian anda terhadap pesan error dibawah ini. Bila pesan error tersebut tidak memenuhi kaidah-kaidah penyampaian pesan error, jelaskan kaidah yang seperti apa serta bagaimana seharusnya !

a.                                        b.





c.      


d,







JAWABAN SOAL 1

1.    PERBANDINGAN ANTARA FACEBOOK, TWITTER DAN GOOGLE++

Facebook
Twitter
Google+
Jaringan Pertemanan
Jaringan Informasi
Jaringan Pertemanan dan jaringan informasi
Untuk mengikuti informasi dari orang lain, butuh konfirmasi sebagai teman
Untuk mengikuti informasi dari orang lain, bisa langsung mengikuti tanpa konfirmasi
Untuk mengikuti informasi dari orang lain, bisa langsung mengikuti tanpa konfirmasi
Menambahkan teman dulu, dikategorikan kemudian
Menambahkan orang yang diikuti (following) dulu, dikategorikan dalam daftar (list) kemudian
Menambahkan orang dengan memasukkan dalam kategori lingkaran (circle)
Informasi yang disharingkan semakin lama semakin ke bawah dan menghilang
Informasi yang disharingkan semakin lama semakin ke bawah dan menghilang
Informasi yang disharingkan bisa naik ke atas lagi bila ada komentar baru
Untuk memutus hubungan dengan sebuah akun relatif rumit. Harus masuk ke profil akun tersebut
Untuk memutus hubungan, cukup klik unfollow
Untuk memutus hubungan, cukup klik tanda centang pada circlenya di tampilan kita
Berbagi content ke semua orang
Berbagi content ke semua orang
Berbagi content langsung diminta memilih segmen/kategori teman yang dituju
Cenderung nyampah (spam), penyebaran informasi pada semua orang (tanpa pandang minatnya)
Cenderung nyampah (spam), penyebaran informasi pada semua orang (tanpa pandang minatnya)
Membaca, mencari dan berbagi di tampilan yang sama
Penyebaran informasi tidak berdampak domino.
Penyebaran bisa berdampak domino
Penyebaran informasi bisa berdampak domino.
Dapat digunakan untuk mengawali pembentukan komunitas
Dapat digunakan untuk membangun dan mempererat komunitas
Dapat digunakan untuk pencarian topik dan narasumbernya
Dapat digunakan untuk pencarian topik dan narasumbernya
Tidak ada
Ada Trending Topics yang menunjukkan topik paling popular dibicarakan
Tidak ada (belum?)
Bisa melakukan chat versi tulisan (mungkin berkembang dengan bergabungnya Skype)
Tidak bisa melakukan chat. Hanya saling mention
Bisa melakukan chat versi video dengan seluruh anggota sebuah circle

-       Facebook

Facebook memiliki pengguna terbanyak dari situs web yang lainnya dan paling popular saat ini dengan bertengger memiliki lebih dari satu milyar pengguna, meskipun banyak kejahatan yang lahir karna facebook namun banyak juga manfaat dari facebook itu sendiri. Facebook bisa dibilang memiliki banyak fitur-fitur yang diminati oleh user di web. Pengaksesannya lebih mudah dari pada twitter dan yang lain. Lembar fakta perusahaan sejak facebook diluncurkan pada Februari 2004, sudah terkumpul 1,13 triliun "Like", 140,3 miliar koneksi teman, 219 miliar foto yang diunggah, 17 miliar posting tag lokasi (termasuk check-in), dan lebih dari 62,6 juta lagu yang dimainkan sebanyak 22 miliar kali. Facebook juga memiliki pendapatan terbesar dibanding saingan jejaring social yang lain dengan penghasilan 1,18 miliar dollar AS pada kuartal kedua tahun 2012. Facebook menjual 421.233.615 saham dengan menetapkan harga 38 dollar AS per lembar saham. Meskipun mayoritas pengguna Facebook hanya melihat seberapa banyak like dari komentar atau gambar yang mereka post-kan. Hanya sedikit dari pengguna Facebook yang benar-benar memanfaatkan fasilitas yang diberikan. Sekitar 50% dari total pengguna Facebook aktif setiap harinya, sekitar 35 juta pengguna aktif selalu memberikan update setiap harinya, 20 juta lebih pengguna Facebook adalah fans dari salah satu fanspage yang ada di situs tersebut, Facebook mempunyai sekitar 1,6 juta fanspage yang aktif sampai sekarang, Sekitar 3,5 miliar konten seperti link, catatan, status dan lainnya dishare di Facebook setiap minggunya. 42,54% pengguna Facebook adalah laki-laki dan 54,03% adalah wanita. Facebook didominasi oleh pengguna berusia antara 18 sampai 24 tahun. Setiap bulannya, ada sekitar 6 miliar foto diunggah. Lebih dari 35% pengguna Facebook tidak memasang status di accountnya, 30% berstatus menikah, 25% berstatus single, dan kurang dari 10% berstatus bertunangan atau sudah menikah.







-       Twitter

Twitter telah mempunyai lebih dari 140 juta pengguna aktif dan dalam sehari saja terdapat 340 juta tweet yang masuk dalam database Twitter. Banyak pebisnis yang mengatakan Twitter lebih menarik dibanding Facebook, karena situs jejaring sosial ini membatasi penggunanya untuk menulis lebih dari 140 karakter. Oleh karenanya, situs ini bisa dibilang situs yang efisien dalam penyampaian, langsung pada tema, dan dapat digunakan untuk mencari apa yang disuka dan tidak disuka pelanggan secara cepat. Sebanyak 54.6 persen pengguna Twitter adalah perempuan dan 45.4 persen lainnya adalah laki-laki. Sekitar 42.3 persen pemilik account Twitter berusia antara 31 sampai 49 tahun, dan sekitar 41.5 persen adalah berusia eighteen sampai twenty-nine tahun.Keunggulan Twitter dibanding dengan jejaring sosial lainnya adalah langsung tepat pada inti pembicaraan, efisien, terdapat fasilitas hashtag yang dapat mengumpulkan topik-topik yang sejenis, dan tanya jawab antara produsen dan konsumen dapat terjalin dengan cepat dan tepat.

-       Google+

Walaupun bisa dibilang masih kalah dengan ketiga jejaring sosial di atas, namun setidaknya, Google+ telah memiliki sekitar 100 juta pengguna aktif saat ini. Pengguna Google+ menuliskan standing atau couple sebanyak kurang lebih 625 ribu setiap harinya. Dengan menambahkan tanda + sebelum nama orang-orang yang ada dalam daftar pertemanan, secara otomatis, orang tersebut dapat diajak berinteraksi berdua atau bersama-sama dengan lainnya. Hal ini sangat membantu para pebisnis untuk melakukan presentasi bisnis. Nampaknya, pengguna Google+ ini lebih didominasi oleh kaum pria saja, karena sebanyak 69.62 persen pengguna adalah laki-laki dan hanya 30.38 lainnya adalah wanita. Pengguna situs jejaring sosial ciptaan Google ini lebih eksklusif dibanding dengan Facebook. Pengguna Google+ rata-rata mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi, seperti pelajar atau mahasiswa, ahli mesin, desainer web, pengembang aplikasi atau software, dan marketing profesional.


Sama seperti Facebook, Google+ juga dapat digunakan untuk memposting semua informasi berupa tulisan, gambar atau foto, video, polling, dan melakukan tanya jawab dengan sesama pengguna Google+. Apabila Anda adalah seorang pebisnis atau seorang enterpreneur, maka Anda diharapkan dapat bijak dan selektif memilih situs jejaring sosial. Karena dengan tidak selektifnya dalam pemilihan tersebut, maka semua usaha publikasi yang Anda lakukan akan sia-sia dan membuang waktu Anda dengan percuma.

2.    Perbandingan antara Gmail dan Yahoo Mail

-        YAHOO MAIL

Yahoo Mail dilengkapi beberapa folder, seperti Inbox, Drafts, Sent, Spam, dan Trash. Anda pun bisa menambah folder lainnya. Hebatnya, Yahoo Mail menyediakan kapasitas email yang tak terbatas. Ada juga fasilitas Contact yang menampung biodata orang lain. Yahoo Mail juga menyediakan fasilitas Search Mail. Bahasa di Yahoo Mail bisa diubah menjadi bahasa Indonesia. Yahoo Mail juga menyediakan Calender untuk menyimpan berbagai jadwal penting. Menariknya, saat membuka Yahoo Mail di bawah tampilan isi email, akan terlihat jadwal pada hari itu yang tersimpan di Calender. Selain itu ada juga fasilitas Notepad untuk membuat catatan.

Yahoo Mail juga dapat menyimpan seperti biodata langsung ke Contact pada setiap email yang masuk, bisa mengubah ukuran dan jenis huruf, menseting suara untuk email masuk dan bisa mengganti warna background (ada 7 pilihan warna).
Setiap email yang dikirim, attachment yang bisa disertai maksimal berukuran 10 MB. Berbagai file bisa di-attach, seperti Word, Exel, Power Point, PDF, gambar, video, suara dan lainnya. Tidak lupa Yahoo Mail juga dilengkapi anti spam dan anti virus. Yang menarik, di sini juga disediakan fasilitas untuk Chatting, jadi Yahoo Messenger yang dimasukkan ke Yahoo Mail.







-       GOOGLE MAIL (GMail)

Tidak ingin kalah dengan pesaing terdekatnya (Yahoo), Google juga ikutan menyediakan layanan email gratis, yang dinamakan dengan Google Mail atau Gmail. GMail juga menyediakan beberapa folder, sperti Inbox, Sent Mail, Spam, Drafts dan Trash. Ada juga Contact untuk menampung biodata orang lain. Juga ada fasilitas lain seperti Calender (mencatat jadwal penting).

Gmail juga menyediakan fasilitas Anti Spam dan Anti Virus. Ada juga fasilitas Search Mail. Sama halnya dengan Yahoo, saat akses GMail juga dimungkinkan untuk melakukan Chatting dengan sesama pengguna account Google (GTalk). Tapi yang lebih menarik, ternyata juga bisa melakukan Video Chat, chatting sambil melihat tampilan lawan bicara sekaligus bisa berbicara dengan suara. Tapi tentu membutuhkan Webcam.

Tampilan GMail juga bisa dimodifikasi dengan mengganti warnanya. Tapi yang lebih menarik, juga bisa mengganti tampilan GMail secara keseluruhan alias mengganti Themes. Ada 31 pilihan Themes yang disediakan. GMail juga sudah menyediakan tampilan dalam bahasa Indonesia.

Kelebihan GMail lainnya yaitu mampu menerima dan memasukkan attachment (Word, Exel, Powerr Point, PDF, gambar, video, audio) dengan kapasitas hingga 25 MB (termasuk isi email), dan itu gratis. Attachment berupa Power Point bisa langsung dibuka secara slideshow. Juga saat membuka Word dan Exel, bisa langsung via Google Document (aplikasi untuk membuat dan membuka file dokumen secara online) sehingga lebih cepat. Begitu juga jika ingin membuka PDF, bisa lebih cepat.

Perbandingan dan persamaan antara Yahoo Mail dengan Gmail :

Yahoo mail
- Sudah terkenal sejak lama dengan jaringan yang luas
- Space gratis yang disediakan cukup besar
- Kemampuan attachment tiap pengiriman 10MB
- Kemudahan print dokument mail jika ada keperluan cetak fisik maupun cetak file
- Kemudahan pengelompokkan dokumen dalam folder-folder
- Banyak iklan yang terpasang di Yahoo Mail
 Gmail
- Sudah terkenal sejak lama dengan jaringan yang luas, meski lebih belakang dr yahoo
- Space gratis yang disediakan cukup besar
- Kemampuan attachment tiap pengiriman 15MB (lebih tinggi dr yahoomail)
- Print dokument mail jika ada keperluan cetak fisik maupun cetak file lebih sulit dari yahoomail
- Pengelompokkan dokumen dalam satu subjek sangat baik
- Tanpa iklan pop up. Tanpa banner. Iklan yang ada hanyalah iklan baris yang kecil saja

·         Menurut saya sendiri, lebih enak menggunakan Gmail karena lebih efektif dan efisien dalam mengirim email atau pesan dan juga tampilannya lebih simple.

3.      Aplikasi Peta Ruangan Kelas Di Kampus dengan Aplikasi (Microsoft Visual Basic)

 

































4.    Interface Pengisian KRS MAHASISWA pada Aplikasi DELPHI7

 


5.    Riset atau Penemuan terbaru di bidang HCI

a.    Masa depan manusia dan mesin

Pada tahun 2020 istilah ‘antarmuka’ (interface) dan ‘pengguna’ (user) akan hilang di saat komputer akan bergabung lebih erat dengan manusia. Ini adalah salah satu perkiraan yang disebut dalam laporan yang disusun dengan bantuan Microsoft berdasarkan pembahasan 45 akademisi dari berbagai bidang ilmu komputer, sosial, sosiologi dan psikologi.

Laporan tersebut memperkirakan perubahan mendasar dalam bidang yang disebut Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction atau HCI).
Maka ditahun 2020 kegiatan manusia akan semakin menyatu dengan mesin, kata laporan itu. Komputer akan dapat mengantisipasi apa yang diinginkan manusia, yang akan membutuhkan panduan baru untuk mengatur hubungan manusia dengan mesin.
Salah satu rekomendasi bagi arah Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction) di masa depan, laporan itu mengusulkan dibutuhkan keterlibatan lebih besar dengan pemerintah dan para pembuat kebijakan.
Model mental HCI
Sejak adanya temuan-temuan yang dilakukan oleh para peneliti HCI tentang fungsionalitas sistem, yakni “apa yang diketahui oleh pemakai tentang sistem perangkat lunak komputer” dan usability sistem, yakni “apa yang harus dilakukan oleh pemakaiterhadap sistem ” mendorong perkembangan riset dalam HCI tersebut.
Riset yang dilakukan pada akhir-akhir ini mulai berfokus kepada jenis-jenispengetahuan pemakai ketika ia menggunakan sistem komputer. Konsep model mental terhadap sistem adalah topik utamanya. Studi representasi pengetahuan yang berbasis komputer ini menghasilkan keuntungan-keuntungan antara lain studi ini bisa menggali basis perilaku teoritis, seperti perilaku khusus pemakai terhadap tugasnya. Studi jenis ini juga berkaitan dengan representasi mental.


Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dlsb.
Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga.
Sedangkan utilitas  mengacu  kepada  fungsionalitas  sistem  atau  sistem  tersebut  dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.  Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut  mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.

b.    Perpustakaan digital


Terkoneksi secara total bisa menjadi tidak berarti jika semua yang didapatkan oleh Wikimuers di internet adalah foto-foto panas artis Ayu Azhari. Tetapi digitalisasi semua pekerjaan manusia yang terakumulasi sudah diproses dengan cepat sekarang ini. Semua jalur MIT sekarang sudah online dan jika anda belum pernah melakukannya, lakukan cek di Google Book Search.
Akan tiba suatu masa bagi kita ketika setiap pertanyaan yang faktual akan dapat langsung dijawab dengan segera, secara online. Tetapi sayangnya, pertanyaan-pertanyaan anda di internet biasanya selalu yang gampang-gampang saja, jadi tidak sebanding dengan kecanggihannya.
c.    Alat cetak desktop 3 dimensi
Daripada Anda harus ke toko untuk membeli perkakas yang dibutuhkan, lebih baik Anda men-download sebuah rancangan perkakas pilihan kita lalu mewujudkannya di dalam sebuah alat cetak desktop 3 dimensi. Langkah selanjutnya adalah anda mendisain sendiri perkakas-perkakas, memposting desain-desain tersebut, menjualnya dan seterusnya. Usaha rumah tangga dalam bidang pembuatan mainan anak-anak, peralatan dapur, dan barang kerajinan penghias rumah, yang sering dianggap remeh, sekarang akan menjadi raja.





d.    Pengembangan secara luas internet nirkabel
Internet Nirkabel WiMAX

Internet Nirkabel 3G
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access=Jaringan mendunia dengan kemampuan bertukar informasi secara cepat dan baik dengan akses gelombang mikro ), 3G (3 rd Generation), 4G (4 th Generation) dll., adalah teknologi yang mengacu pada suatu sistem internet nirkabel yang menyebar, semua menjadi terhubung secara online ke mana-mana, sepanjang waktu, dan berkesinambungan. Hal tersebut menyiratkan kemungkinan adanya hubungan atau koneksi secara penuh antara dua alat secara acak. Anda ingin memeriksa atau mematikan alarm di pintu rumah dari telepon genggam? Itu akan menjadi gampang. Lebih mudah dari pada melepaskan colokannya secara konvesional.

e.    iPHONE

Produsen smartphone terbesar ketiga dunia Apple Inc rupanya gerah mendengar iPhone kerap dituding sebagai smartphone yang cantik tapi bodoh.
Bayangkan, untuk melakukan copy-paste saja selama ini iPhone tidak bisa. Guna menepis tudingan miring itu, Apple merilis software baru iPhone OS 3.0. Ketika pengguna sudah melakukan upgrade, maka iPhone pun bisa melakukan copy-paste dan cut. Apple baru menyajikan kemampuan copy-paste setelah dua tahun iPhone hadir di pasar.

“iPhone OS 3.0 adalah paket serangkaian software baru yang menawarkan fitur-fitur baru kepada konsumen dan developer. Software baru ini akan melambungkan posisi Apple mendahului para pesaing,” ujar Senior Vice President Worldwide Product Marketing Apple Inc Philip Schiller.

Dalam industri smartphone, Apple antara lain bersaing dengan Nokia Corp dan Research In Motion (RIM) Ltd. Firma riset Gartner Inc mengungkapkan, pada 2008 Nokia masih mendominasi pasar smartphone global dengan pangsa pasar 43,7 persen. Namun, pangsa pasar Nokia itu ternyata turun dari 49,4 persen pada 2007.
Gartner menilai, pangsa pasar Nokia di industri smartphone global merosot karena daya tarik smartphone Nokia N-Series mulai merosot. Namun, posisi Nokia masih kuat karena Nokia mampu merilis smartphone berharga lebih kompetitif. Pada posisi kedua, produsen smartphone BlackBerry, yaitu RIM, pada 2008 mampu meraih pertumbuhan 96,7 persen pada 2008.

Alhasil, pangsa pasar RIM meningkat hampir dua kali lipat. Pada 2008, BlackBerry menguasai pangsa pasar smartphone global sebesar 16,6 persen, dari 9,6 persen pada 2007. Sementara pada posisi ketiga, Apple meraih pertumbuhan tertinggi dalam industri smartphone global pada 2008.

Saat industri tersebut secara umum hanya bertumbuh hanya 13,9 persen, Apple mampu meraih pertumbuhan 245,7 persen. Pangsa pasar global iPhone pada 2008 melambung menjadi 8,2 persen, dari 2,7 persen pada 2007. (berbagai Sumber)
Dengan  fitur-fitur baru yang ditawarkan apple dalam i-Phone Os 3.0 akan memperketat persaingan di dunia smartphone dan dengan demikian perkembangan software untuk interaksi manusia dengan komputer akan semakin hebat.
·         Menurut saya implementasinya ke depan yaitu akan lebih mudah di kembangkan dan lebih mudah untuk mendapatkan solusi bagaimana dalam merancangnya atau menemukan kekurangan dan kelebihan nya sehingga akan lebih canggih dan lebih bagus sistem yang akan atau yang sedang di pakai













JAWABAN SOAL 2
Kaidah penyampaiaan pesan error pada gambar
  • Pada pesan error no.1    
“sudah memenuhi kaidah pesan error, karena disana telah  di jelaskan apa yang error dan menunjukkan cara untuk mengatasi agar tidak terjadi error lagi.”
  • Pada pesan error no.2    
“belum memenuhi kaidah pesan error, karena disana tidak  menjelaskan secara detail error yang terjadi, tetapi hanya memberikan perintah  apa yang harus dilakukan oleh user.”
  • Pada pesan error no.3    
“sudah memenuhi kaidah pesan error, karena telah menjelaskan apa yang terjadi yang menyebabkan error dan memberikan perintah – perintah kepada user.”
Pesan error no.4      sudah memenuhi kaidah pesan error.

1 komentar: